Berbagai Macam Serangan Pada Jaringan Komputer yang Harus Kamu Ketahui

Beberapa Macam Serangan Pada Jaringan Komputer yang Harus Kamu Ketahui - Jaringan komputer merupakan kumpulan dimana komputer saling terhubung satu dengan yang lainnya. Dengan adanya jaringan komputer ini pengguna VPN Indonesia dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya. Seperti mengirim file, foto, video, chating dan lainnya. Saat ini yang sedang populer adalah jaringan komputer untuk internet. Semakin banyaknya pengguna internet ini menjadikan orang-orang jahil melancarkan aksinya untuk merentas data dari pengguna tersebut.



Perlu kamu ketahui bahwa sebuah website itu juga terhubung dengan menggunakan jaringan komputer. Jadi setiap saat website bisa saja direntas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Jadi sebelum kamu mengalami ini sebaiknya Kamu menggunakan VPN Gratis ini dan mengetahui berbagai macam serangan jaringan komputer berikut ini:

Baca juga:
Unik, Inilah Hal Menarik Tentang Internet yang Jarang Diketahui
10 Negara paling aktif menggunakan Internet
Keamanan Bermasalah, Pengguna Wifi Rentan Diretas

1.LAND Attack




LAND Attack merupakan serangan terhadap suatu server, dimana server tersebut terhubung dalam suatu jaringan yang kerjanya untuk menghentikan layanan, sehingga terjadi gangguan terhadap layanan atau jaringan komputer . Tipe serangan semacam ini disebut sebagai Denial of Service (DoS) attack. LAND attack dikategorikan sebagai serangan SYN (SYN attack) karena menggunakan packet SYN (synchronization) pada waktu melakukan 3-way handshake untuk membentuk suatu hubungan berbasis TCP/IP. Lindungi perangkatmu dari serangan hacker dengan menggunakan VPN Cepat.

2.Ping of Death




Ping of Death merupakan suatu serangan (Denial of Service) DoS yang memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket VPN Murah. Penyerang dapat mengirimkan berbagai paket ICMP (digunakan untuk melakukan ping) yang terfragmentasisehingga waktu paket-paket tersebut disatukan kembali, maka ukuran paket seluruhnya melebihi batas 65536 byte.

3.Teardrop Attack




Teardrop Attack adalah suatu serangan bertipe Denial of Service (DoS) terhadap suatu server/komputer yang memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket, dan kelemahan yang ada di TCP/IP pada waktu paket-paket yang terfragmentasi tersebut disatukan kembali. Dalam suatu pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lain melalui jaringan berbasis TCP/IP, maka data tersebut akan dipecah-pecah menjadi beberapa paket yang lebih kecil di komputer asal, dan paket-paket tersebut dikirim dan kemudian disatukan kembali di komputer tujuan. Server bisa diproteksi dari tipe serangan teardrop ini dengan paket filtering melalui firewall yang sudah dikonfigurasi untuk memantau dan memblokir paket-paket yang berbahaya seperti ini. Baca juga Cara Vpn Melindungi Perangkat Kamu dari Jaringan Wifi Gratisan

4.Half-Open Connection




Half-Open Connection Dalam serangan half-open connection, penyerang mengirimkan ke server yang hendak diserang banyak paket SYN yang telah dispoof atau direkayasa sehingga alamat asal (source address) menjadi tidak valid. . Tipe serangan half-open connection atau SYN attack ini dapat dicegah dengan paket filtering dan firewall, sehingga paket-paket SYN yang invalid tersebut dapat diblokir oleh firewall sebelum membanjiri server.


5.UDP Bomb Attack




UDP Bomb Attack Untuk melakukan serangan UDP Bomb terhadap suatu server, seorang penyerang mengirim sebuah paket UDP (User Datagram Protocol) yang telah dispoof atau direkayasa sehingga berisikan nilai-nilai yang tidak valid di field-field tertentu. Jika server yang tidak terproteksi masih menggunakan sistem operasi (operating system) lama yang tidak dapat menangani paketpaket UDP yang tidak valid ini, maka server akan langsung crash.


Well, itulah berbagai macam serangan pada jaringan komputer. Semoga membantu dan menambah pengetahuanmu tentang serangan pada jaringan komputer.
0 Komentar untuk "Berbagai Macam Serangan Pada Jaringan Komputer yang Harus Kamu Ketahui"

Back To Top